By   Article Published 28 February 2015
 
 
 
Pernahkah bunda membuatkan susu formula untuk bayi dan anak sebelum memulai perjalanan? Atau pernahkan bunda membiarkan anak atau bayi bunda meminum susu yang telah lebih 2 jam dari masa pembuatan? Bagi yang sering melakukannya, sepertinya bunda perlu menghentikan kebiasaan yang ternyata termasuk buruk tersebut.

Apa bahayanya?

Tahukah bunda, jika menurut para ahli kesehatan, setelah susu diseduh, susu tidak boleh didiamkan lebih dari 2 jam. Bukan tanpa alas an karena menurut Prof. Dr. Sam Soeharto, Sp.MK (K), Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI) bahwa susu adalah suatu media yang baik bagi pertumbuhan bakteri, karena itu setelah diencerkan sebaiknya susu tidak dibiarkan dalam waktu lama, sehingga memungkinkan bakteri berkembang biak. Bakteri pada susu dapat berkembang biak setiap 20 menit. Sehingga setelah 2 jam bisa bunda bayangkan berapa sel bakteri yang ada di dalam susu bayi dan anak anda.
 
botol susu susu formula terbaik tempat susu bayi
        Botol Susu Bayi    Tempat Susu Bayi      
 
Bakteri pada susu pada dasarnya sudah bisa mati pada suhu 70 derajat celcius. Namun, kesalahahan penyajian dan penyajian yang terlalu lama dapat membuat bakteri di susu berbahaya. Maka dari itu, keracunan susu pada dasarnya tidak sepenuhnya kesalahan produsen, tapi juga harus diperhatikan bagaimana perlakuan penyajian oleh konsumen.

Bagaimana cara penyajian yang baik?

Penyajian susu terbaik adalah susu yang telah dibuka atau telah dibuat akan lebih baik jika langsung diminum dan dihabiskan. Susu yang sudah dibuka dan ditempatkan di sebuah wadah hanya akan awet paling lama dua jam. Sedangkan susu segar yang hanya mengalami proses pasteurisasi (pemanasan) sampai suhu 85 derajat celsius selama 30 detik, sebaiknya segera dihabiskan setelah dibuka. Jika tidak terpaksa dan tidak bisa menghabiskannya secara langsung, bunda dapat menyimpannya dalam lemari pendingin dengan suhu 4 derajat celcius.

Masa tahan susu anak - anak juga berbeda setiap jenisnya. Dalam keadaan dingin, susu segar bisa bertahan selama dua hari. Susu segar kemasan (UHT) yang belum dibuka atau tidak mengalami kebocoran wadah bisa disimpan dalam keadaan dingin paling lama enam bulan.

 


Related Article