By   Article Published 31 December 2014
 
 
Ubi merupakan tumbuhan jenis umbi yang biasa kita jumpai di pasar tradisional. Ubi jalar terdapat berbagai macam varietas, diantaranya yang paling umum adalah ubi jalar ungu, kuning, dan putih. Namun jenis yang ungu lebih banyak disukai, karena rasanya yang lebih manis dan teksturnya yang lebih lembut. Lalu apakah kandungan gizi ubi jalar ungu berbeda dengan jenis lainnya?

Warna kuning, ungu atau gelap pada ubi jalar menandakan tingginya kandungan antioksidan dan betakaroten. Menurut The US Sweet Potato Council Inc, Ubi jalar yang dimasak bersama dengan kulitnya lebih banyak memberikan serat daripada oatmeal. Ubi jalar umumnya juga mengandung karbohidrat, gula, vitamin A, B, C, kalsium dan kalium.

Manfaat ubi jalar yang pertama yaitu memberikan tubuh kita betakaroten, dan akan memenuhi kebutuhan vitamin A kita sebesar 200 persen. Varietas ubi jalar dengan warna daging yang gelap mengandung beta karoten lebih tinggi, jika dibandingkan dengan yang berdaging warna cerah. Vitamin A sendiri memberi akan banyak bermanfaat, terutama untuk penglihatan, kesehatan kulit dan tulang. Betakaroten yang juga berfungsi sebagai antioksidan akan membantu tubuh Anda mencegah infeksi saluran pencernaan, saluran kemih, dan paru-paru. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kansas State University pada tahun 2003 yang diterbitkan dalam The American Society for Nutritional Sciences, menemukan adanya hubungan antara kekurangan vitamin A dan emphysema (infeksi paru-paru yang menyebabkan kesulitan bernafas).

Selain itu, ubi jalar mengandung kalori yang rendah, yaitu setiap 100 gr ubi jalar bersama kulit mengandung 90 kalori atau sama dengan 376 kJ. Ubi jalar juga kaya akan karbohidrat kompleks, serat, beta-karoten (provitamin A karotenoid), vitamin C, vitamin B6, mangan dan Kalium. Varietas ubi jalar lainnya yang berwarna kuning, pink, kuning, orange dan hijau juga mengandung tinggi beta karoten. Menurut laporan penelitian yang dilakukan tahun 1992, ubi jalar kaya akan kandungan serat, karbohidrat kompleks, protein, vitamin A dan C, zat besi, dan kalsium, dan memperoleh peringkat gizi tertinggi dalam hal sayuran.
 


Related Article