By   Article Published 23 August 2015
 
Ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk menjaga kondisi tubuhnya serta perkembangan janin di dalam perutnya. Namun, hal tersebut sedikit sulit untuk para ibu hamil yang memiliki kondisi vegetarian. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa asupan nutrisi yang hanya bisa didapat dari daging. Maka dari itu, beberapa dokter kandungan memberikan beberapa tips untuk para ibu hamil yang sedang berada pada kondisi vegetarian, diantaranya :
 
1. Mix makanan
Untuk bunda yang memilih menjadi vegetarian, memperkaya berbagai bahan makanan lebih dari biasanya dapat membantu bunda untuk tetap menjaga kondisi saat hamil. Baik kondisi bunda sendiri atau si kecil. beri banyak variasi bahan makanan vegetarian selama seminggu seperti di hari senin makanan dengan kandugan vitamin B, selasa protein nabati, rabu vitamin C yang banyak anti oksidannya, dan lain sebagainya.
 
2. Konsumsi tambahan suplemen
Menkonsumsi tambahan suplemen juga dapat bunda lakukan sejak kehamilan bertambah bulan. Hal ini untuk menjaga agar asupan nutrisi tidak berkurang mengingat bunda hanya mengonsumsi sumber nutrisi nabati saja. Namun bunda perlu mengonsultasikan vitamin dan suplemen apa saja yang diperlukan dengan dosis yang sesuai petunjuk dokter.
 
3. Tambah konsumsi makanan yang mengandung zat besi
Seorang ibu hamil secara umum mentrasfer setidaknya mentransfer sebanyak 1.000 mg zat besi pada janinnya. Karena zat besi biasanya paling banyak didapat dari konsumsi daging, namun tetap bunda tetap bisa mendapatkannya dari sayur-sayuran dan buah-buahan seperti kacang almond, bayam, kacang-kacangan, atau labu. Tambahkan jumlah konsumsi bahan makanan tersebut sehingga zat besi bunda tidak kurang. Karena kekurangan zat besi dapat menyebabkan gangguan kondisi kesehatan seperti anemia dan akan berbahaya jika berlansung saat proses melahirkan berlangsung.
 
4. Tambah Asupan Vitamin B
Meskipun vitamin lain juga tidak boleh dikesampingkan, tapi vitamin B mutlak diperlukan oleh ibu hamil. Pada umunya, ibu hamil memerlukan 600 mcg asam folat yang secara umum dipenuhi dengan 400 mcg dari suplemen dan 200 mcg dari makanan. Namun karena para bunda yang vegetarian tidak mengonsumsi daging, meningkatkan konsumsi sumber asam folat dari nabati perlu ditambah. Para ahli menganjurkan untuk berkonsultasi meminta tambahan vitamin agar kebutuhan asam folat selama proses mengandung dapat terpenuhi dan janin tumbuh dengan sempurna.
 
5. Tambah asupan protein
Protein diperlukan untuk pertumbuhan tulang bayi dan membantu untuk memperlancar ASI saat proses menyusui. Karena diet vegetarian, banyak ibu hamil hanya mengonsumsi protein nabati dari tumbuhan. Para ahli menganjurkan dan mengingatkan untuk tetap memperbanyak konsumsu sumber protein dari nabati lebih daripada ibu tanpa diet vegetarian. Ibu hamil membutuhkan setidaknya 60 gr konsumsi protein per hari dan 65 gram saat menyusui. Sumber protein nabati sendiri yang paling banyak ada pada tahu dan tempe, karena setidaknya mereka dapat menyumbang 40gr kebutuhan protein harian. Sisanya bunda bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan tinggi protein.
 
Semoga bermanfaat
 


Related Article