By   Article Published 30 January 2015
 
 
Merasakan sakit punggung saat hamil? Hal tersebut bukanlah hal yang aneh terjadi bahkan bisa dikatakan umum. Namun karena sakit punggung tersebut begitu mengganggu, maka terjadi banyak keluhan dari para ibu hamil yang menderitanya. Namun tenang, terdapat beberapa hal yang bisa bunda lakukan untuk dapat mengurangi serta mengobatinya. Yuk disimak.

Apa saja cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi sakit punggung saat hamil?

Hal pertama yang bisa dilatih adalah dengan berlatih sikap tubuh yang baik. Secara keseluruhan, prinsip sikap tubuh yang baik saat kehamilan adalah Pada posisi duduk, prinsip sikap tubuh yang baik adalah berdiri dengan posisi tegak, tarik dagu tinggi-tinggi, pastikan pundak bunda bersandar ke belakang dan rileks, serta jangan mengatupkan lutut bunda.

Pada posisi berdiri, usahakan bunda bisa senyaman mungkin dalam mengambil posisi. Jika keadaan mengharuskan bunda untuk berdiri dalam jangka waktu lama, Begitu juga dengan duduk, istirahatkan salah satu kaki bunda di bangku kecil yang rendah dan istirahatlah untuk beberapa saat.

Sikap tubuh yang baik juga berarti duduk dengan kehati-hatian. Pilih kursi yang dapat menyokong punggung bunda, atau tempatkan sebuah bantal kecil di belakang punggung bawah. Jaga punggung atas dan leher bunda dalam kondisi lurus yang nyaman. Bunda juga bisa mempertimbangkan untuk menyangga kaki pada bangku yang rendah.

Mengurangi sakit pinggang saat hamil juga bisa dilakukan dalam menata cara berpakaian bunda. Biasakan untuk menggunakan sepatu dengan hak rendah pada masa kehamilan. Selain itu memakai baju serta celana khusus ibu hamil juga dapat membantu. Memakai sabuk penyangga keamilan seperti pregnancy belt juga dapat memberikan kenyamanan terhadap bunda.

 
sabuk ibu hamil susu ibu hamil
Pregnancy Belt Susu Ibu Hamil
 
Hal selanjutnya untuk meredakan sakit punggung saat hamil adalah membetulkan posisi saat ingin mengambil sesuatu dari lantai. Berjongkoklah lalu angkat menggunakan kaki bunda sehingga tidak menekuk pinggang. Dalam mengangkat sesuatu atau mengambil sesuatu dari lantai, jika dirasa terlalu menyulitkan akan lebih baik jika bunda meminta bantuan orang lain.

Tips selanjutnya yang dapat meringankan atau mengobati sakit di punggung saat masa kehamilan adalah tidur menyamping. Karena saat tidur kesamping, pungung diistirahatkan dan tidak tertekan lagi. Usahakan salah satu atau kedua lutut tertekuk dan tempatkan satu bantal diantara lutut atau bagian tubuh lain di bawah perut sehingga posisi tidur dapat lebih nyaman.

Menempatkan sesuatu yang hangat di punggung juga akan memiliki efek lebih baik dibandingkan dingin. Bunda bisa menempatkannya saja atau sambil memijat punggung. Hal ini akan memberikan relaksasi pada badan terutama bagian punggung sehingga otot tidak lagi kaku, apalagi saat mendekati masa persalinan.

Selain melakukan pemijatan di punggung, berolahraga sedikit seperti melakukan peregangan dan olahraga ringan juga akan mengurangi rasa sakit di punggung. Cara paling mudah adalah mengistirahatkan tangan dan lutut bunda dengan kepala sejajar dengn punggung. Tarik perut dan putar punggung perlahan. Tahan beberapa detik, kemudian rilekskan perut dan punggung. Sebagai catatan pastikan punggung bunda agar tetap sedater mungkin dan coba ulangi hal ini 10 kali setiap harinya. Bunda juga bisa bertanya kepada dokter kandungan untuk mendapatkan rekomendasi olahraga atau peregangan yang lebih tepat lagi.

Cara lainnya adalah dengan melakukan terapi seperti akupuntur juga dapat dilakukan. Karena menurut beberapa ahli, hal ini dapat juga mengurangi sakit punggung bunda. Namun, tetap diskusikanlah hal ini dengan dokter bunda terlebih dahulu. Karena, mungkin saja sakit yang diderita perlu penanganan khusus ataukah ada hal lainnya yang menyebabkannya.

Selamat mencoba bunda


 


Related Article