By Kukuh Wira K  Article Published 09 April 2015
 
anak susah makan
 
Anak susah makan merupakan sebuah permasalahan yang paling sering dihadapi oleh para orang tua. Apalagi untuk anak yang tengah memasuki usia balita, sulitnya membujuk mereka makan makanan bergizi menjadi tantangan besar. Karena terkadang anak lebih menyukai makanan ringan dan junk food yang rasanya memang lebih enak namun sudah pasti jauh dari kata sehat. Namun, tidak perlu khawatir bunda, para ahli telah menemukan beberapa tips dan cara agar balita bunda mau makan dengan lahap makan-makanan bergizi dan sehat yang telah bunda buat.

Apa Saja Tips Menghadapi Anak Susah Makan?

Tips pertama adalah menyajikan makanan yang tidak membosankan. Bosan dengan makanan yang itu-itu saja menjadi salah satu penyebab utama kenapa anak terkadang tidak mau memakan makanannya. Mulailah variasikan makanan mereka. Browsing menu sehat, menarik, dan mudah dibuat akan sangat membatu bunda. Karena saat ini informasi tentang hal tersebut sangat banyak sekali ditemukan di internet atau media lain seperti buku resep masakan sehat untuk anak-anak.

Memvariasikan makanan bukan hanya mencari bahan menu lain, namun juga bentuknya. Bentuk makanan anak menjadi menarik sebelum mereka makan. Seperti jika anak susah makan sayur, bentuk sayuran menjadi bermacam-macam dan gati dengan sayuran yang tidak terlalu berasa pahit. Pisahkan antara lauk dan nasinya, jangan lagi menyamakannya dengan makanan bayi yang diblender menjadi satu karena anak bunda sudah seharusnya mengenal makanan kasar.

Tips selanjutnya adalah menghindarkan mereka dari camilan tepat sebelum jam makan. Karena memakan cemilan sebelum jam makan sang akan membuat mereka kenyang ‘bohong’ dan malas memaka makanan mereka. Bunda bisa menjadwal jam makan dan jam cemilan agar camilan yang diberikan tidak mengganggu pola makan. Camilan yang diberikan juga jangan yang sembarangan, berikanlah camilan sehat seperti potongan buah, yogurs bayi, cake buatan sendiri, atau biscuit sehat khusus bayi.

Mengatur pola minum susu sebelum makan juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Susu memang menawarkan beragam manfaat. Tapi ingat, tidak ada yang bisa menggantikan makanan sehat seperti sayur, buah, lauk pauk, atau kandungan karbohidrat yang bisa menambah energy dari makanan yang bunda siapkan. Bersabarlah untuk memberikan dan membujuk anak makan karena kebanyakan orang tua terus memberikan susu saat anak tidak mau makan. Akhirnya mereka jarang merasa lapar namun kandungan gizinya akan kurang.

Maka dari itu, kurangilah susu secara bertahap sampai dimana usia anak menginjak satu tahun, susu yang ideal hanya diberikan dua gelas dalam sehari. Bersabarlah untuk mengenalkan dan membiasakan anak makan-makanan padat dan jangan cepat menyerah dengan terus memberikan mereka susu karena mereka tidak mau makan.

 Tips selanjutnya adalah melihat kembali kebiasaan makan anda dan keluarga. Anak merupakan murid di rumah yang akan merekam semua kegiatan termasuk kebiasaan kedua orang tuanya. Kebiasaan malas makan dari orang tua juga akan menjadi salah satu penyebab kenapa anak anda akan malas makan juga. Cobalah untuk makan bersama dengan balita bunda di meja makan dan biarkan dia makan sendiri tanpa perlu disuapi. Jangan takut dengan makanan mereka yang akan berantakan dan mengotori meja karena kebiasaan disuapi juga dapat menjadi penyebab anak malas makan sendiri sampai mereka besar nanti.

Memahami kondisi negativistic pada anak juga merupakan salah satu tips yang perlu dilakukan. Sikap negativistic seperti menolak makan dan berkata ”aku tidak mau” merupakan fase normal pada anak sehingga para orang tua tidak perlu khawatir. Banyak orang tua gagal memahami fase ini sehingga membuat mereka memaksa dengan keras dan tak jarang juga dibarengi dengan ancaman. Hal inilah yang nantinya dapat menimbulkan trauma bagi anak terhadap makanan tertentu pada anak nantinya.

Cobalah untuk bersikap tegas dan otoritatif, yaitu tidak memaksa namun juga tidak membiarkan anak semaunya sendiri. Komunikasi merupakan salah satu kuncinya. Sehingga bersabarlah dalam menghadapi anak anda.

Anak yang tidak ingin makan juga kemungkinan disebabkan karena kondisi tubuh dan jiwanya yang sakit. Lagi-lagi hal ini menuntut komunikasi yang baik anatar orang tua dan anak sendiri. Sehingga berbicaralah pada anak anda dan Tanya baik-baik, mereka pasti akan menjawab dan mengungkapkan keinginann mereka. Jangan terburu-buru marah karena terkadang ada sesuatu yang belum anda ketahui tentang anak anda.

So bunda, tetap kreatif mengolah dan menyajikan makanan, bina komunikasi yg baik, terus belajar menjadi ortu, dan memahami kondisi anak, dan bersabar
 

Barang terkait yang tersedia di Niceforkids :

 
feeding set mag mag pigeon botol susu pigeon sendok makan bayi
Feeding Set Training Cup Botol Susu Sendok Makan Bayi
 


Related Article