By Kukuh Wira K  Article Published 10 September 2013
 
cara memandikan bayi
 
Bepergian dengan jarak yang jauh dan sedang membawa baby? Tidak pelu khawatir dengan cara menjaga kesehatan kulit si kecil. Bunda bisa tetap membersihkan badan si kecil dengan mandi seka. Berikut adalah penjelasan bagiamana cara memandikan bayi dengan cara seka yang tepat bagi bayi anddalam perjalanan.

Untuk melakukan hal ini tidaklah terlalu sulit, bunda hanya perlu memperhatikan beberapa hal terutama pada alat-alat yang diperlukan. Siapkan alat-alat yang diperlukan dari rumah, yaitu dua wadah ember berukuran kecil seperti baskom kecil atau seukuran gayung. Lalu perlak yang dapat dengan mudah dibersihkan jika terkena basah serta handuk bayi yang lembut dan cepat menyerap atau yang memiliki sifat sty dry. Sabun bayi, waslap minimal 2, dan kantong plastic untuk baju kotor.

Dengan peralatan yang lengkap, bunda bisa dengan mudah menyeka bayi bunda dalam kendaraan.

Saat dimobil, bunda bisa menggunakan jok belakang mobil yang lebih luas. Letakkan bayi diatas perlak yang sudah dilapisi handuk. Buka baju bayi dan mulailah seka selutuh tubuhnya. Seka dengan air yang telah diberi sabun di satu wadah dan setelah itu bersihkan dengan air yang bersih di wadah satunya. Jangan terlalu membasahi waslap, cukup basahi sedikit saja. Jangan lupa untuk tetap menjaga suhu air sekitar 38 derajat dan jangan lebih dingin dari itu.
 
handuk mandi bayi alas mandi
Waslap Bayi Alas Mandi Bayi

Setelah membilas dengan seka air bersih, keringkan badan bayi. Jangan lewatka setiap lekukan di badan bayi. Setelah itu pakaikan bayi agar tidak terlalu lama terkena dingin. Hal ini bisa bunda lakukan di toilet kendaraan seperti pesawat terbang yang selalu menyiapkan baby bath di toilet. Untuk kereta api, bunda bisa melakkannya di tempat duduk bunda karena kereta di Indonesia masih belum memiliki baby bath di toiletnya.

Untuk dikendaraan yang memiliki guncangankeras seperti bus, bunda bisa menunda menyeka sampai di tempat pemberhentian. Gantilah baju bayi sehingga bayi akan terasa nyaman meskipun belum diseka.

Menyeka bayi juga perlu melihat cuaca. Jika cuaca panas, usahakan melakukan hal ini beberapa kali karena badan bayi akan cepat lengket. Sedangkan untuk suhu yang lebih dingin bunda perlu meminimalisir menyeka bayi dan hanya mengganti bajunya saja. Dan satu hal lagi, persiapkan semua perlengkapan sebelum memulai seka pada bayi sehingga bunda tidak perlu untuk meninggalkan bayi untuk mengambil perlengkapan.

Bagaimana bunda, semoga bermanfaat ya
 


 


Related Article