By Kukuh Wira K  Article Published 26 May 2015
 
terapi inhalasi
 
Batuk pilek memang sebuah hal yang sangat menjengkelkan. Apalagi jika di derita dalam jangka panjang dan tak kunjung sembuh. Tidur dan makan pun menjadi tidak nyaman. Batuk pilek pada bayi ternyata juga sering dialami oleh anak-anak yang menyebabkan mereka rewel dan menjadi lesu. Pemberian obat pun dirasa tidak membantu dan terlalu berbahaya. Maka dari itu, mungkin terapi Inhalasi dapat menjadi salah satu jalan keluar.

Apa itu terapi inhalasi?

Terapi inhalasi adalah jenis pengobatan untuk menghilangkan lendir yang menutupi saluran pernafasan sehingga penderita bisa bernafas dengan normal seperti sedia kala. Terapi ini menggunakan sebuah alat bernama nebulizer dan uap sebagai amunisinya. Sehingga tidak ada obat-obatan yang membantu.

Terapi ini sendiri sendiri sebenarnya telah banyak dilakukan pada bayi dan anak-anak. Hal lebih banyak dilakukan pada mereka karena mereka belum bisa mengeluarkan dahak secara sempurna seperti orang dewasa. Selain itu, pemakaian obat-obatan juga dikhawatirkan dapat mempengaruhi kondisi tubuh si kecil yang masih rentan.

Secara perbandingan, terapi inhalasi ternyata lebih efektif daripada menggunakan obat-obatan. Hal ini terjadi karena uap langsung dimasukkan tanpa melalui system penyerapan dalam tubuh. Selain itu, dosis dari inhalasi yang lebih kecil juga dapat menjaga efek obat terhadap organ lainnya dalam tubuh si kecil.

Terapi ini bisa dilakukan sendiri di rumah ataupun meminta bantuan dokter di rumah sakit terdekat. Jika ingin melakukannya di rumah, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah member si kecil air minum terlebih dahulu. Berilah air putih secukupnya dan usahakan melakukan hal ini sebelum anak makan atau menyusu atau setidaknya beberapa jam setelah mereka makan atau menyusu. Karena dimungkinkan dalam prosesnya si kecil bisa saja muntah.

Untuk melakukan inhalasi sendiri, Nifomate bisa melakukannya saat anak tidak sedang tidur. Karena jika mereka dalam keadaan tidur maka kemungkinan sangat sedikit uap yang terhirup oleh si kecil. hal ini disebabkan saat tengah tertidur lelap, nafas seseorang aka lebih teratur dan perlahan.

Proses inhalasi sendiri tidak bisa dilakuka sekali. Nifomate perlu melakukannya beberapa kali untuk mengeluarkan lendiri yang mungkin saja sangat melekat di area paru-paru. Mintalah tutorial dari dokter anda untuk melakukannya jika memang masih takut melakukannya sendiri.

Atau dalam keadaan darurat dimana si kecil sangat rewel karena hidungnya tersumbat sehingga tidak dapat tidur atau melakukan aktivitas lainnya, bunda bisa melakukan inhalasi secara tradisional. Caranya dengan menuntun si kecil untuk menghirup uap air hangat yang telah dicampur dengan minyak kayu putih atau minyak telon. Namun, proses tradisional ini hanya melegakan saluran nafas, bukan mengeluarkan lendir yang mengganggu.

Bagaimana Nifomate, berminat memilih proses inhalasi?

Selamat mencoba
 

Produk terkait yang tersedia di Niceforkids :

clodi bebibum ring closet training pants sprei antibocor
Clodi Bebibum Potty Seat Training Pants Sprei Anti Bocor
 


Related Article