By Kukuh Wira K  Article Published 26 January 2015
 
bayi susah tidur
 
 
Memiliki seorang anak merupakan salah satu anugrah terbesar dalam kehidupan. Terutama bagi mereka yang sudah lama mendambakan kehadiran si kecil. Namun, tidak semua orang tua yang menyatakan siap memiliki bayi ternyata bisa dengan mudah mengatasi persoalan-persoalan yang timbul seiring dengan pertumbuhan bayi. Salah satu hal yang saat ini banyak didiskusikan adalah permasalahan gangguan bayi susah tidur.

Bagaimana cara mengatasi susah tidur pada bayi?

Permasalahan gangguan tidur pada bayi biasanya meliputi bayi yang sangat susah untuk tidur atau selalu terbangun tengah malam sampai menjelang pagi. Banyaknya pertanyaan tentang hal ini menjadikan para ahli anak memberikan beberapa solusi yang mungkin dapat dicoba oleh para orangtua. Salah satu solusi yang paling dianjurkan adalah melakukan terapi pembiasaan pada bayi.

Andrea Grace, seorang spesialis tidur anak mengungkapkan bahwa setiap bayi atau anak memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada diantara mereka yang dapat dengan mudah tidur, namun ada juga yang sering terbangun. Hal tersebut memicunya untuk melakukan beberapa penelitian sampai mendapatkan beberapa tips berikut.

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi susah tidur bayi adalah memperhatikan pola tidur bayi. Menghitung berapa kali dalam sehari si kecil tidur dan teratur tidakkah mereka saat tidur. Jika ternyata jadwal tidur bayi masih berantakan, maka tidak ada salahnya para orangtua membuat jadwal tidur. Rekomendasi tepat dari Andrea adalah jam 10 pagi dan siang hari sekitar jam 2 atau jam 3. Hal ini akan membantu bayi tertidur nyenyak dimalam harinya. Selain jadwal tidur diatas, buat bayi tidak terlelap terlebih dahulu dengan mengajaknya bermain dan mendiamkan mereka atau berusaha menidurkan mereka di jadwal yang telah ditetapkan.

Sirkulasi udara ruang tidur bayi serta pola makan yang diberikan kepada bayi adalah salah satu hal lain yang juga perlu diperhatikan. Sirkulasi udara yang baik adalah yang dapat membuat bayi rileks dan tenang. Sedangkan untuk pola makan, para orang tua tidak dianjurkan untuk memberikan mereka makan secukupnya, tidak kurang dan tidak berlebihan.

Hal lainnya adalah tidak menidurkan bayi di gendongan atau pangkuan. Dianjurkan agar menidurkan bayi langsung di kasur bayi. Hal ini dikarenakan bayi sangat sensitive terhadap gerakan sehingga pergerakan pemindahan bayi dari gendongan ke kasur dapat membangunkan bayi. Dan ketika bayi terbangun akan sangat susah untuk menidurkannya kembali.

Hal lainnya adalah menidurkan bayi di samping anda. Meskipun hal ini masih menjadi perbincangan tentang hal positif dan negatifnya, menidurkan bayi disamping orang tua terbukti dapat memberikan kenyamanan tersendiri sehingga bayi dapat tertidur dengan pulas.

Semoga membantu :)
 

Produk terkait yang tersedia d Niceforkids :

bantal peyang bayi bantal selimut gendongan bayi kaos kaki boneka bayi
Bantal Peyang Bantal Selimut Gendongan Bayi Kaos Kaki Boneka
 


Related Article