By Kukuh Wira K  Article Published 20 August 2015
 
Anak-anak memang tidak akan lepas dari segala macam hal yang membahayakan mereka. Hal ini dikarenakan keinginan mereka untuk mengeksplorasi lebih jauh suatu hal membuat mereka mencoba banyak hal. Dan tak jarang bahaya menghampiri mereka, salah satunya adalah tersiram air panas.
 
Meskipun tersiram air panas bukanlah hal yang terlalu sering terjadi, namun terkena benda-benda panas hampir pernah dirasakan oleh anak-anak. Dimulai dari ketidaksengajaan sampai dengan kecerobohan. Jika tidak ditangani dengan tepat, maka hal ini bisa memberikan trauma pada kulit si kecil sehingga menimbulkan belang.

Bagaimana cara melakukannya?

Jika si kecil terkena benda panas seperti air panas atau minyak panas, cara mengobati luka bakar yang pertama perlu dilakukan adalah langsung mendinginkan luka mereka di air yang mengalir selama kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit, kompres luka mereka dengan ice pack selama kurang lebih 10-20 menit. Bungkus ice pack dengan handuk sebelum digunakan untuk mengompres karena langsung menempelkan ice pack pada kulit yang terbakar akan mengakibatkan iritasi dan rasa perih.
 
Jika ingin mengoleskan sesuatu untuk mengobatinya, gunakan krim khusus kulit terbakar. Hindari mengoleskan dengan pasta gigi, minyak, mentega atau bahan lainnya yang dipercaya dapat langsung menyembuhkan luka terbakar. Hal ini yang sering mendapat pandangan salah dari masyarakat secara umum.
 
Mengoleskan pasta gigi memang tidak akan menimbulkan luka melepuh, tapi akan memperbesar potensi infeksi pada area luka. Hal ini dikarenakan pada saat kulit terbakar, permukaan terluarnya terkelupas dan akan lebih memudahkan bakteri masuk. Sedangkan pada pastagigi sendiri banyak sekali zat kimia yang berada di dalamnya. Hal tersebut yang membuat banyak dokter ahli melarang untuk mengoleskan pasta gigi dan lebih baik langsung mengoleskan krim khusus untuk pertolongan pertama pada luka bakar yang banyak dijual di apotik.
 
Jika luka menimbulkan gelembung, jangan pecahkan gelembung karena itu merupakan proses penyembuhan oleh antibody yang ada. Jika pecah, bersihkan dengan cairan antiseptic dan krim khusus. Selain itu, usahakan untuk tetap menjaga kebersihan dari luka tersebut karena dalam proses penyembuhannya, kulit yang tengah rusak jaringannya tersebut dapat dengan mudah terkena bakteri.
 
Jika luka berada pada tingkat parah dengan area luas, menghubungi dokter setelah melakukan pertolongan pertama adalah jalan paling tepat.
 
Semoga bermanfaat
 

Produk lain yang terdapat di Niceforkids :

bedak padat alat bantu jalan sprei anti bocor alas mandi
Bedak Padat Bayi Alat Tetah Bayi Sprei Anti Bocor Alas Mandi
 


Related Article