By   Article Published 08 October 2015
 
 
Saat baru lahir, si kecil memang tidak bisa langsung memiliki gigi. Pertumbuhan gigi bayi muncul secara bertahap sesuai dengan usianya. Hal inipun tidak berlaku sama bagi setiap anak sehingga terkadang ada yang pertumbuhan giginya lambat, namun ada juga yang pertumbuhan giginya cepat. 

Bagaimana normalnya urutan tumbuh gigi pada bayi?

Secara normal, pertumbuhan gigi bayi akan mulai muncul pertama kali di usia 6 bulan dan akan terus tumbuh gigi-gigi yang lain seiring dengan bertambahnya usia. Berikut urutan pertumbuhan gigi secara umum bagi bayi :
1.    Gigi seri satu pada saat bayi berusia 6 - 7 bulan. Fungsinya? Memotong makanan.
2.    Gigi seri dua di usia 7 – 9 bulan. Berfungsi memotong makanan.
3.    Gigi taring di usia 16 - 18 bulan. Fungsinya adalah mencabik makanan.
4.    Gigi geraham pertama di usia 12 - 14 bulan. Berfungsi menghaluskan makanan.
5.    Gigi gerham dua di usia 20 - 24 bulan. Fungsinya
gigitan bayi
 Gigitan Bayi (Teether)
sikat gigi
 Sikat Gigi Bayi
sikat gigi jari
 Sikat Gigi Jari
adalah menghaluskan makanan.

Apa yang harus dilakukan saat gigi bayi tumbuh?

Saat gigi bayi tumbuh, ada perasaan tidak nyaman di mulut mereka, seperti gatal dan rasa nyeri. Hal tersebut yang terkadang membuat mereka menggigit apapun yang ada di sekitarnya. Agar si kecil tidak kemasukan barang berbahaya bunda bisa memberikan mereka gigitan khusus bayi atau biasa disebut teether. Selain teether yang bisa di dinginkan dulu sebelum diberikan si kecil, bunda juga bisa menghentika rasa nyeri mereka dengan menggunakan handuk dingin dan menekan-nekan halus di area gusi mereka.
 
Sensasi dingin teether ataupun handuk bisa meredakan sensasi tidak nyaman dan lebih menenangkan mereka. Karena biasanya banyak ibu bingung saat si kecil terus saja rewel saat gigi mereka mulai tumbuh. Bunda juga bisa mengganti teether dan handuk menggunakan finger food seperti buah buahan yang sudah didinginkan ataupun sayuran pada untuk mereka.
 
 
Saat tumbuh gigi pada bayi, bunda perlu memberikan perhatian ekstra pada kebersihan mulut mereka. Hal ini dikarenakan mereka sudah mulai memakan banyak hal yang terkadang bisa merusak gigi. Gosok gigi mereka menggunakan sikat gigi khusus bayi seperti sikat gigi silicon bayi ataupun kasa yang sudah di beri air. Usap pelan di area gigi mereka sehingga terhindar dari karies.
Makanan seperti buah belimbing akan menjaga gigi bayi lebih kuat dan terhindar dari karies saat si kecil mulai suka makan makanan manis seperti coklat dan permen. Hal ini banyak dianjurkan oleh dokter karena bisa mengurangi keropos dini. Bunda bisa membuatnya menjadi finger food saat waktu camilan si kecil tiba.


 


Related Article