By Kukuh Wira K  Article Published 29 May 2015
 
morning sickness
 
Mual dan muntah adalah hal yang umum terjadi pada ibu hamil. Namun jika terjadi secara tidak wajar dan berkepanjangan, bisa jadi bunda tidak hanya mengalami morning sickness, namun juga penyakit yang menjangkiti beberapa ibu hamil. Penyakit tersebut disebut hyperemesis gravidarum atau biasa disingkat HG.

Gejala dari penyakit ini adalah mual dan muntah yang mirip morning sickness tapi pada tahap yang lebih parah. Untuk melihat parah tidaknya adalah dengan mengamati apakah morning sickness bunda sampai mengganggu aktivitas rutin atau tidak. Jika morning sickness sudah mengganggu aktivitas, maka memeriksakan diri ke dokter adalah hal terbaik. HG berbahaya jika dibiarkan karena menurut para ahli hal ini dapat memberikan gangguan pada perkembangan janin.

HG sendiri terjadi karena diduga adanya perubahan hormone pada tubuh ibu hamil. Biasanya gejalanya muncul saat kadungan memasuki usia 4 sampai dengan 6 minggu dan akan bertambah parah. Ibu hamil yang menderita hal ini akan merasakan produksi air liur yang berlebihan. dalam menela pun, mereka akan merasa sedikit sakit. Selain itu, penderita juga akan mengalami penurunan bobot tubuh secara drastis karena hal ini.

Penyakit ini dapat diobati bunda sehingga berkonsultasi dengan dokter tentang hal ini akan banyak membantu. Selama ini diketahui tiga jenis pengobatan untuk menanggulangi HG, diantaranya adalah melalui penggantian cairan, tube feeding, dan obat-obatan untuk mengantikan nutrisi yang hilang.

Jadi mulai perhatikan gejala morning sickness nya ya bunda.

Semoga bermanfaat
 
 
Produk terkait yang terdapat di Niceforkids :
 
susu ibu hamil sabuk ibu hamil pembalut setelah melahirkan popok cuci ulang
Susu Ibu Hamil Sabuk Ibu Hamil Menstrual Pad Popok Cuci Ulang

 


Related Article