By   Article Published 29 June 2015
 
 
Yoga, pernahkah anda melakukannya setidaknya sekali seumur hidup? Jika jawabannya tidak, mungkin lebih baik sekarang anda melakukannya dengan gerakan yang mudah saja setidaknya 20 menit sehari. Karena ternyata yoga memiliki manfaat untuk mencerdaskan otak kita.

Berbeda dengan olahraga, yoga lebih terfokus pada peregangan dan keteraturan. Karena kegiatannya yang dilakukan dengan tenang, maka nafas selama kegiatan ini berlangsung juga akan ikut teratur. Hal inilah yang ternyata menjadi salah satu alasan kenapa otak akan berjalan lebih baik setelah melakukan yoga.

Saat yoga, terdapat kontraksi antara relaksasi otot dan ritme pernafasan yang teratur. Hal ini membuat kesadaran diri kembali, akibatnya fokus orang yang melakukan yoga akan lebih bagus daripada mereka yang tidak atau yang melakukan olahraga lainnya. Selain itu, hasil meditasi yoga juga akan mengurangi tingkat stress dalam diri sehingga tubuh dan otak dapat bekerja lebih baik lagi.

Kesimpulan-kesimpulan tersebut didapat dari survei para peserta yoga dan pesenam aerobik yang secara bersamaan melakukan kegiatan dan menjawab soal tentang kemampuan mengingat setelahnya. Dan hasilnya, para peserta yoga mendapatkan skor yang lebih tinggi.

Penelitian ini dilakukan oleh University of Illinois di Urbana-Champaign yang hasilnya diterbitkan di Journal of Physical Activity and Health.

Jadi, sudah mendapatkan minat untuk melakukan yoga hari ini?
 


Related Article