By Kukuh Wira K  Article Published 25 April 2015
 

manfaat tidur siang

bantal peyang bayi paket bantal selimut Selimut bayi 3 in 1 Bedong instant velcrow
Bantal Peyang Bayi Bantal Selimut Bayi Selimut 3in1 Ztwo Bedong Instant

Apa saja manfaat tidur siang untuk si kecil?

Sudah cerita lama jika tidur siang menjadi salah satu hal yang tidak terlalu disukai oleh bayi dan anak-anak. Namun, bunda mungkin harus terus memaksakan dan membiasakan si kecil untuk melakukannya. Karena ternyata hal ini memiliki banyak sekali mafaat. Salah satunya adalah dapat menguatkan ingatan si kecil dan lebih mempercepat memahami hal-hal baru yang dikenalkan padanya. Dan tentu saja hal tersebut akan sangat bermanfaat untuknya di masa mendatang.

Manfaat terlelap di siang hari untuk si baby ini bukan hanya omong kosong karena penelitian terhadap 216 bayi berusia 6-12 bulan telah dilakukan terkait hal tersebut. Para peneliti membagi dua kelompok bayi dimana sebagian mendapatkan tidur selama 30 menit di siang hari perharinya dan yang sebagian lagi tidak. Para peneliti mengajarkan sebuah hal baru pada si kecil dimana untuk kelompok bayi yang mendapatkan jam tidur diajarkan sebelum mereka terlelap.

Hasil yang sangat mengejutkan ketika para peneliti mengetes pengetahuan mereka terhadap permainan yang diajarkan sebelumnya. Bayi dari kelompok tidur siang dapat menggunakan permainan memasukkan balok ke lubang yang sesuai bentuknya lebih baik daripada mereka yang tidak mendapatkannya. Dan hal ini membuktikan bahwa manfaat tidur di siang hari dapat menjaga memori mereka untuk tetap lebih baik.

Para bunda dapat memberikan pengetahuan baru seperti mengucapkan beberapa benda di sekeliling si kecil sebelum mereka terlelap sehingga kosa katanya akan cepat bertambah dan memudahkan untuk mereka berbicara. Bunda juga bisa mendongeng atau menunjukkan beberapa gambar baru setiap harinya yang akan memberikan si kecil pengetahuan baru.

Bagaimana jika si kecil sulit untuk tidur siang?

Jika si kecil belum terbiasa dan sulit terlelap di siang hari, cukup biasakan mereka dengan berada di atas tempat tidur bersama anda di jam tidur mereka. Berpura-puralah tidur atau buat suasana nyaman sehingga mereka akan tidur dengan sendirinya. Namun, perlu diingat bahwa tidur siang perlu dijaga agar tidak terlalu lama. Hal ini dikarenakan jika terlalu lama maka akan mengganggu jam tidur si kecil di malam hari.

So, bunda jangan lewatkan jamnya ya :)

 



Related Article