By Kukuh Wira K  Article Published 26 March 2015
 
susu kedelai
 
Alergi susu sapi saat ini bukanlah hal yang asing lagi ditelinga kita. Hal tersebut juga seakan menjawab pertanyaan tentang kenapa bayi atau anak kita terkadang mutah dan memikili gangguan diare saat mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung protein hewani ini. Yap, alergi terhadap susu sapi sudah menjadi hal umum dan mendapatkan solusi terbaik sebagai penggantinya, yaitu susu kedelai yang ternyata menyimpan kandungan gizi yang tak kalah banyaknya dengan susu sapi.

Sama seperti susu sapi yang merupakan olahan susu dari sumber hewani, sapi, susu kedelai juga merupakan olahan susu yang bersumber utama dari kedelai. Bukan artinya kedelai secara langsung menghasilkan susu, namun sari kedelai inilah yang nantinya disebut susu kedelai. Meskipun pada masa lampau susu ini tak begitu popular, namun saat ini banyak sekali penikmat susu ini karena kandungan protein nabatinya yang dirasa cukup baik bagi sebagian orang.

Susu ini menjadi salah satu rekomendasi susu pengganti bagi anak-anak yang memiliki alergi pada susu sapi. Lebih daripada itu, susu ini juga lebih disarankan daripada memberikan susu formula yang saat ini menjadi sebuah permasalah dan dilema tersendiri bagi banyak orang tua.

Rekomendasi pada susu kedelai memiliki alasan yang kuat, salah satunya adalah tentang kandungan dan manfaatnya seperti lemak nabati, karbohidrat, dan serat. Lemak nabati merupakan hal yang merupakan yang sangat baik bagi tubuh manusia. Sedangkan karbohidrat sendiri dapat menjadi sumber energi atau tenaga bagi tubuh. Serat sendiri merupakan sebuah untur yang akan membantu sistem perncernaan tubuh menjadi lebih baik.

Selain kandungan lemak nabati, karbohidrat, dan serat, kadungan vitamin dalam susu kedelai juga sangat melimpah. Diantaranya adalah vitamin A yang memperlancar fungsi organ penglihatan dan pertumbuhan tulang, vitamin B1 yang menjadi penghasil tambahan energi, B2 yang merupakan penghasil pigmen yang melindungi permukaan kulit terkena radiasi matahari, dan vitamin E yang dikenal memiliki banyak manfaat seperti memperlancar proses reproduksi, proses menstruasi, mencegah impotensi dan keguguran, mencegah penyakit jatung kardiovaskuler, meningkatkan produksi air susu, dan sebagai anti oksidan yang dapat membuat tampil lebih muda.

Susu kedelai juga memiliki kandungan lain seperti mineral yang dapat memperkuat tulang dan daya tahan tubuh, polisakarida yang dapat mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga sangat cocok bagi penderita penyakit diabetes, serta kalsium yang memiliki banyak fungsi seperti mengontrol asam lemak, kekuatan tulang, mengatur fungsi otot, dan lain sebagainya.

Sebagai tambahan, susu dari kedelai ini juga mengandung isoflavon yang merupakan ikatan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya dalam biji kedelai yang membentuk membentuk flavonoid yang mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit serta HDL (High Density Lippoprotein) yang merupakan lawan LDL (kolesterol jahat) sehingga efektif menahan proses pengapuran.

Semua kandungan diatas membuktikan bahwa susu dari sari nabati pun tak dapat diremehkan khasiatnya. Meskipun tidak dapat kita pungkiri jika susu sapi masih memegang kandungan gizi terbaik untuk pertumbuhan anak. Tapi, susu kedelai adalah pilihan atau opsi terbaik ketika susu sapi menjadi hal yang perlu kita jauhi karena kondisi tubuh kita.

Selamat menikmati susu kedelai anda

 


Related Article