By   Article Published 15 January 2015
 
 
Ruam popok bayi merupakan sesuatu yang paling sering dialami oleh para bayi yang masih menggunakan popok. Hal ini menjadi sangat mengganggu dan jika dibiarkan akan menjadi berbahaya untuk bayi. Karena, ruam pada bayi yang terlalu lama dapat menimbulkan demam serta iritasi yang dapat bertambah parah jika dibiarkan. Karena masalah ini sering sekali dihadapi oleh para ibu, maka para peneliti memberikan beberapa tips dan masukan untuk mencegah serta mengobati ruam yang telah timbul.

Bagaimana cara mencegah ruam popok bayi?

Hal pertama adalah menjaga kulit bayi tetap kering selama pemakaian popok. Hal ini bisa dilakukan dengan menyegerakan mengganti popok setelah terkena pup bayi atau mengganti setiap 3-4 jam sekali baik untuk penggunaan popok kain ataupun popok sekali pakai. Dengan begitu, kulit bayi tidak akan terlalu lama lembab dan ruam dapat dicegah.

Selain menjaga kulit bayi untuk tetap kering, membersihkan kulit bayi juga perlu mendapatkan perhatian. Untuk membersihkah kulit bayi, ibu bisa menggunakan kain lap, tisu basah, atau dengan kapas yang telah di celupkan di air bersih. Baru setelah itu kulit dikeringkan dengan waslap yang lembut dan bersih. Pembersih kulit bayi yang baik adalah yang bebas alcohol dan tidak berbau.

Setelah dibersihkan, biarkan bayi untuk lepas dari popok bayi sebentar dan setelah beberapa saat baru beri popok kembali. Ibu juga bias mengurangi pemakaian popok hanya untuk berpergian saja, sehingga saat bayi bermain, biarkan dia terbebas dari popok. Ibu juga bias memilih popok kain untuk dirumah yang memiliki bahan lembut dan pas dengan ukuran bayi.

Penggunaan bedak pada kulit bayi juga tidak dianjurkan karena dapat memicu timbulnya bakteri jika bercampur dengan basahnya popok dan lembabnya kulit. Terutama pada kulit yang telah muncul ruam, pemakaian bedak sangat tidak dianjurkan.

Mengolesi salep yang mengandung zinc sebelum menggunakan popok juga dapat menghindarkan bayi dari ruam. Karena zinc dapat melapisi kulit bayi untuk bersentuhan langsung dengan pipis dan pup bayi.

Bagaimana mengobatinya?

Jika bayi sudah terlanjur memiliki ruam popok bayi, cara pengobatan yang tepat sangat dibutuhkan disini. Karena dengan perawatan yang tepat, ruam dapat diobati dalam tiga sampai empat hari. Salah satunya adalah dengan memberikan cream ruam setiap mengganti popok bayi. Namun, sebelumnya bersihkan dulu sisa cream dari pemberian sebelumnya dan biarkan kulit bayi mongering terlebih dahulu.

Untuk mempercepat kesembuhan, lepaskan bayi dari penggunaan popok, terutama popok sekali pakai selama masa penyembuhan. Sehingga kulit bayi yang teriritasi dapat sembuh dengan cepat.

Bagaimana bunda? Semoga informasi ini dapat membantu.
 

Produk terkait yang tersedia di Niceforkids :

clodi cluebebe bedak padat pigeon detergent pakaian bayi clodi bebibum
Clodi Cluebebe Bedak Padat Pigeon Detergent Pakaian Bayi Clodi Bebibum
 


Related Article