By   Article Published 08 May 2015
 
 tatakan makan bayi
 Slaber Bayi
 alat makan bayi
 Feeding Set
 sendok makan bayi
 Sendok Makan Sensor
 legging busha
 Legging Busha Bayi

Bagaimana cara melihat perkembangan motorik anak?

Perkembangan motorik anak ternyata bisa dilihat dari caranya
memegang pensil. Para ahli telah memperhatikan hal
yang bisa dijadikan indikator sederhana untuk bisa melihat apakah perkembangan motorik si kecil berjalan sempurna atau tidak.

Usia 1 tahun

Pada umur satu tahun secara umum anak yang memiliki perkembangan motorik yang normal sudah dapat memegang pensil dengan cara digenggam. Pada tahap ini bunda bisa juga melakukan pelatihan pada motorik halus dengan cara melakukan permainan jumput benda-benda kecil bersama si kecil atau susun balok.namun, untuk permainan jumput benda-benda kecil bunda perlu untuk menemani si kecil dalam bermain karena permainan ini bisa berbahaya jika masuk ke hidung, telinga, atau pencernaan si kecil.

Usia 2 tahun

Di tahun setelahnya, si kecil seharusmya sudah dapat memegang sebuah pensil dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Jika si kecil masih melakukannya dengan cara menggenggam, bunda bisa melatihnya dengan cara melatih kekuatan lengan bagian atas. Permainan seperti bermain panjat tali ataupun bola bisa membantu si kecil. Melatih saraf motorik halus si kecil di usia 2 tahun juga bisa menggunakan permainan yang melatih si kecil menggunakan jari-jarinya seperti membuat bentuk benda dengan plastisin atau mengajarinya memakai pakaiannya sendiri.

Usia 3 tahun

Pada usia 3 tahun, si kecil seharusnya sudah bisa memegang pensil dengan sempurna menggunakan ibu jari dan telunjuk. Dia juga bisamenggambar berbagai macam bentuk benda sederhana yang dia inginkan. Di usia ini, bunda bisa melatih saraf motoriknya dengan mewarnai sebuah bidang secara penuh. Jadi bunda bisa memintanya menggambar sebuah lingkaran dan mewarnainya secara penuh dengan satu warna. Setelah itu menggambar bentuk yang menggambarkan dua bidang dan memintanya untuk mewarnai dengan warna yang berbeda.

Usia 4 tahun

Pada saat si kecil memasuki tahun ke empat dan kelimanya, perkembangan saraf motorik nya yang baik bisa dilihat dari kemampuannya untuk bisa menggambar huruf. Untuk melatih motorik si kecil di usia ini, bunda bisa mengajaknya dengan melatihnya mewarnai tanpa mengenal batas.
 


Related Article