By Kukuh Wira K  Article Published 28 December 2014
 
makanan sehat untuk ibu hamil     
 
Banyak makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat ditemui di sekitar kita. Dari makanan yang sangat mudah untuk ditemukan dan berharga murah sampai dengan beberapa jenis makanan yang memang berharga tinggi. Beberapa makanan tersebut banyak mengandung hal-hal yang dibutuhkan untuk optimalisasi tumbuh kembang janin agar nantinya dapat lahir dengan kondisi terbaik.

Apa saja bahan makanan tersebut?

Bahan makanan pertama yang dapat dengan mudah ditemui adalah telur. Banyak ahli mengatakan bahwa telur dapat memberikan banyak manfaat hanya dengan tingkat kalori yang rendah yaitu sekitar 90 kkal. Di dalamnya terdapat setidaknya 12 vitamin dan mineral serta kandungan protein tinggi yang baik untuk janin. Kolin serta omega 3 juga menjadi kandungan yang tidak dapat dilupakan dari telur. Namun, konsumsi telur dalam sehari bagi seseorang dengan kondisi badan normal adalah sekitar 1-2 butir. Karena jika terlalu banyak, maka kolesterol yang didapat dari kandungan lemak jenuh dalam telur dapat membahayakan.

Makanan sehat untuk ibu hamil lainnya yang dapat dengan mudah ditemukan adalah ubi jalar. Warna orange pada ubi jalar yang disusun oleh karotenoid dapat diubah menjadi vitamin A ketika memasuki tubuh. Vitamin A yang berasal dari karotenoid lebih aman dibandingkan dari zat lainnya. Hal ini dikarenakan karotenoid dapat berubah menjadi vitamin A hanya jika dibutuhkan sehingga menjadikan konsumsi makanan bias menjadi lebih aman. Selain mengandung karotenoid yang dapat berubah menjadi vitamin A, ubi juga mengandung vitamin C, asam folat, dan serat yang juga baik bagi janin.

Sayuran berwarna hijau tua dan buah-buahan beraneka warna juga menjadi salah satu asupan penting yang perlu dikonsumsi oleh ibu hamil. Sayuran berwarna hijau tua yang mudah untuk ditemukan adalah bayam, sawi hijau, dan brokoli. Selain murah, pengolahan makanan tersebut pun sangat mudah dilakukan. Rasanya pun dapat diterima dengan mudah oleh lidah. Namun, perlu diingat bahwa memasak sayuran perlu memperhatikan tingkat kepanasan suhunya dan juga waktu pemasakan. Karena jika terlalu lama akan menghilangkan nutrisi di dalamnya.

Untuk buah-buahan, hampir semua buah-buahan dapat memberikan banyak nutrisi dan vitamin. Ibu hamil hanya perlu memperhatikan tingkat konsumsi buah dan kondisi tubuh, seperti jika bunda memiliki kondisi tekanan darah rendah, makan konsumsi buah tidak boleh terlalu banyak karena dapat semakin menurunkan tekanan darah.

Bahan lain yang sangat terkenal adalah biji-bijian dan kacang-kacangan. Kedua makanan yang sangat mudah ditemui dan memiliki banyak variasi itu dikenal banyak memiliki kandungan protein, serat, dan nutrisi. Bahkan beberapa jenis kacang seperti walnut dan almond kaya dengan omega 3, dimana dipercaya oleh banyak orang menjadi salah satu sumber kecerdasan janin.

Bahan lain yang sedikit lebih mahal adalah salmon. Ikan salmon dipercaya menjadi sumber omega 3 yang dapat membentuk kecerdasan bayi. Namun, konsumsi berlebihan atas ikan salmon tidaklah baik karena adanya kandungan merkuri di dalamnya. Maka dari itu, penelitian dari FDA menunjukkan konsumsi ikan salmon tidak direkomendasikan untuk ibu hamil yang tengah mendekati masa melahirkan karena dapat mengurangi kandungan nutrisi ASI yang dapat menjadi sumber kekebalan bagi bayi baru lahir. Konsumsi minyak ikan dibatasi 3000 mg per minggu atau 12 ons ikan salmon per minggu.

Makanan terakhir adalah yogurt. Segala macam jenis yogurt merupakan sumber kalsium dan protein. Kalsium pada yogurt dapat membantu memberikan kekuatan pada kerangka tulang ibu hamil serta pada pembentukan tulang janin. Sehingga akan didapatkan tulang yang kuat nantinya.
 
 

Produk terkait yang tersedia di Niceforkids :

susu ibu hamil Sabuk ibu hamil baju menyusui pemanas botol
Susu Ibu Menyusui Sabuk Ibu Hamil Baju Ibu Menyusui Penghangat Botol
 
 


Related Article