By   Article Published 13 February 2015
 
Sudah saatnya si kecil diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) ? Tidak perlu bingung dan khawatir makanan apa yang harus diberikan karena ternyata terdapat beberapa makanan yang menyandang status super baik untuk bayi bunda.

Apa saja jenis manakan yang bagus untuk si kecil?

Banyak makanan yang dapat dikenalkan pada anak. Meskipun para ahli merekomendasikan untuk mengenalkan banyak makanan, ada beberapa makanan yang perlu menjadi perhatian karena manfaatnya bagi si kecil. Makanan pertama yang menjadi rekomendasi adalah sayuran hijau. Membiasakan anak untuk mengenal rasa dan tekstur berbagai macam sayuran hijau sedini mungkin dapat mengindari benci sayuran saat mereka besar.

Sayuran hijau mengandung banyak zat besi dan folat. Zat besi mutlak diperlukan si kecil terutama untuk bembentukan sel darah merah. Beberapa jenis yang direkomendasikan untuk si mungil adalah bayam, dan kangkung. Bunda dapat mencampurkannya pada bubur mereka dengan cara merebus dan menghaluskannya.

Bahan makanan selanjutnya adalah brokoli. Brokoli tak hanya kaya akan folat seperti bayam, namun juga mengandung unsur kalsium dan vitamin C dengan kadar yang cukup tinggi. Kalsium diperlukan si kecil untuk berbagai proses diantaranya mendukung kekuatan tulang dan gigi, serta berperan dalam proses pembekuan darah jika mereka terluka. Selain itu, brokoli juga kaya akan serat yang jika dikonsumsi dalam prorsi tepat dapat membantu menghindarkan si kecil dari gejala sembelit.
 
diapers babyland training cup pigeon sendok silicon tatakan makan
Clodi Babyland Training Cup Pigeon Sendok Makan Silicon Slaber

Daging menjadi daftar makanan selanjutnya yang menjadi salah satu makanan yang perlu dikenalkan pada anak.  Baik daging kambing atau daging sapi, keduanya memiliki gizi yang sangat baik. Daging sapi kaya akan zat besi dan menurut penelitian, kandungan zat besi dalam daging sapi diserap tubu kita 4 kali lebih baik dibandingkan dengan sumber zat besi dari makanan lain. Selain zat besi, daging sapi juga kaya akan unsure zink. Dalam penyajiannya bunda bisa menghaluskannya terlebh dahulu dan mencampurkannya pada bubur dan makanan bayi.

Buah-buahan juga dapat bunda perkenalkan, terutama buah alpukat dan jeruk manis. Alpukat, selain rasanya yang enak juga diperlukan si kecil untuk pertumbuhan optimal otak mereka. Bunda dapat menyajikan buah alpukat matang langsung setelah dihaluskan atau mengkombinasikanya dengan jenis makanan lain. Sedangkan untuk jeruk, bunda dapat memberikan jeruk manis seperti jenis jeruk mandarin atau baby orange. Jeruk dapat memberikan kekuatan pada system daya tubuhnya karena kandungan vitamin C di dalamnya. Jeruk segar bisa bunda prioritaskan untuk diberikan daripada jeruk kaleng atau jeruk yang telah diolah.

Yogurt juga direkomendasikan menjadi salah satu minuman yang bisa diberikan pada baby saat mereka mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Yogurt bagus untuk pertumbuhan otak dan hati serta mampu mengoptimalkan daya tahan tubuh baby. Untuk kandungan vitamin dan mineral, yogurt kaya akan vitamin D dan kalsium yang bagus untuk kekuatan tulang dan gigi.

Bagaimana bunda, tidak bingung lagi kan makanan apa yang perlu diberikan kepada baby

 


Related Article