By   Article Published 15 September 2015
 
 
Mana pisang yang paling baik untuk dikonsumsi?

Jika kita berjalan di supermarket ataupun pasar buah, buah pisang menjadi salah satu item yang tidak pernah luput dari pandangan mata. Dengan rasanya yang enak dan manfaatnya yang tinggi, buah ini termasuk salah satu buah yang menjadi favorit bagi semua usia. Namun, tahukah Nifomate seperti apa kondisi pisang yang paling baik untuk dikonsumsi?

Mungkin bagi sebagian orang, pisang dengan kulit mulus kuning menjadi yang pertama diambil karena terlihat sangat baik. Namun, ternyata penelitian mengungkapkan bahwa pisang dalam kondisi termatang lah yang memiliki nutrisi paling tinggi.

Ciri-ciri dari pisang yang kondisinya sempurna untuk dikonsumsi adalah yang memiliki bintik-bintik hitam diluarnya. Penelitian yang pernah dilakukan beberapa ahli dari berbagai negara ini dibuktikan secara langsung dengan membandingkan kandungan nutrisi dari pisang yang masih berkulit hijau (belum masak) sampai yang masak sempurna (berbintik hitam).

Mengapa yang berbintik hitam?

Pisang memiliki bintik hitam saat tengah masak sempurna dikarenakan memiliki zat Tumor Necrosis Factor atau biasa disebut TNF. Zat ini akan semakin bertambah dengan ditandai titik hitam di kulit pisang. Sehingga semakin banyak titik hitamnya maka nutrisinya juga semakin banyak.

Tingginya kandungan TNF pada pisang dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah menguatkan kekebalan imun tubuh dari serangan penyakit. Selain itu, tingginya TNF akan menguatkan juga sifat antikanker yang terkandung dalam pisang. Hal ini dikarenakan pisang yang matang dapat merangsang bertumbuhnya sel darah putih dalam tubuh.

Mengonsumsi pisang setidaknya 1-2 buah sehari menjadi rekomendasi para ahli. Mereka juga mengatakan untuk membiarkan bintik hitam terlihat terlebih dahulu sebelum memasukkannya ke dalam almari es. Menyimpan pisang dengan nutrisi maksimum dalam almari es sendiri dilakukan untuk menghentikan berkurangnya nutrisi di dalamnya. Karena jika terlalu lama, kulit pisang akan berubah coklat membusuk dimana kandungannya dan manfaatnya akan menghilang.



Related Article