By   Article Published 06 September 2015
 

Sudah pernahkah kalian mendengar tentang sebuah pola makan yang disebut food combining?

 
 
Food combining bukanlah sebuah pola makan untuk sebuah program diet atau program lainnya. Diahanya sebuah pola makan harian yang menjadi pola hidup sehat untuk menyeimbangkan nilai gizi dalam tubuh. Beberapa ahli mengatakan bahwa pola makan yang awalnya dimulai untuk diet ini menjadi sebuah pola makan yang seharusnya dilakukan semua orang. Hal ini dikarenakan pola makan ini dapat menyeimbangkan PH dalam tubuh manusia. Apalagi mengingat pola makan kebanyakan manusia saat ini kebanyakan adalah pola makan yang menyababkan PH darah cenderung asam.
 
Food combining tidak serumit sebutannya karena pengguna pola makan ini hanya perlu memperhatikan sedikit hal kecil dan merubah beberapa menu yang mungkin terbiasa di konsumsi. Berikut adalah daftar kombinasi makanan yang direkomendasikan.
 
1.       Karena food combining di lakukan pada semua asupan makanan dan minuman yang masuk, maka meminum air hangat setelah bangun tidur adalah salah satunya. Air hangat yang diberi perasan lemon atau jeruk nipis akan membantu pencernaan anda untuk lebih lancar.
 
2.       Ketika bisanya anda mengonsumsi roti atau nasi saat sarapan, gantilah dengan buah-buahan. Hal ini dikarenakan buah-buahan lebih mudah dicerna oleh tubuh di pagi hari namun tetap dapat memberikan energi sampai jam makan siang datang.
 
3.       Mengonsumsi makan siang dan makan malam dengan kombinasi sayuran dan protein hewani atau sayuran dan karbohidrat. Yang perlu diingat adalah tidak mengonsumsi makanan yang mempertemukan karbohidrat dengan protein hewani karena inilah jenis makanan yang akan membuat PH dalam darah cenderung asam.
 
4.       Mengonsumsi sebanyak 2.5 – 3 liter air per hari juga menjadi hal penting untuk dilakukan. Namun, perlu diingat bahwa aturlah pola minum yang rata dan tidak pada satu titik waktu saja seperti menghabiskan banyak minumdisaat setelah makan atau di satu waktu.
 
5.       Mengatur cara mengonsumsi makanan dengan mengunyahnya lebih banyak dan makan yang tidak terlalu terburu-buru juga dapat membantu meringankan dan mengoptimalkan konsumsi makanan.
 
Bagaimana? Tidak rumit kan?
 
Beberapa hal diatas merupakan pola makan kita sehari-hari. Hanya saja para food combiner perlu mengganti menu makanannya. Selain menyehatkan dan menangkal banyak penyakit, food combiner juga akan menjaga anda dari berat badan berlebih. 


Related Article