By Kukuh Wira K  Article Published 06 May 2015
 
kesehatan bayi
 
Hai para bunda baru, selamat ya atas kelahiran si kecil. Meskipun banyak hal baru yang membuat kita khawatir, para bunda jangan bersedih ya. Salah satunya jika si kecil sering mengalami gagguan kesehatan anak ringan seperti flu dan batuk pada lima tahun pertama kehidupannya. Karena ternyata gangguan kesehatan terebut tengah melatih imun si kecil.

Apa saja gangguan kesehatan Anak yang sering di derita si kecil?

Gangguan kesehatan pertama yang paling sering dialami si kecil adalah hidung tersumbat. Gangguan ini paling sering menghinggapi si kecil dan sangat mengganggu. Hal ini dikarenakan si kecil belum bisa mengeluarkan ingusnya sendiri sehingga menyebabkan kesulita bernafas dan menyusu. Namun, jangan khawatir karena bunda bisa menyiapkan perlengkapan antisipasi jika di kecil mengalaminya.

Perlengkapan untuk menanggulangi si kecil yang sedang mengalami hidung tersumbat adalah alat tetes hidung dan penyedot hidung. Pilih alat tetes hidung dengan jenis saline (air garam). Hal ini berguna untuk mengencerkan lendir dalam hidung si kecil. Sedangkan jika lender di dalam hidung si kecil kental, ibu bisa menggunakan alat penyedot yang biasa disebut mucus extractor.

Gangguan kesehatan bayi lain selain hidung tersumbat adalah telinga memerah. Namun, bunda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana telinga memerah yang mengindikasikan infeksi atau tidak. Biasanya, telinga memerah yang menjadi tanda infeksi selalu dibarengi dengan naiknya suhu badan mencapai 37.5 derajat celcius atau lebih. Si kecil juga akan  terus-menerus rewel karena ada kondisi yang tidak nyaman di badannya. Maka dari itu, bunda bisa segera membawa si kecil untuk diperiksakan. Atau jika bunda memiliki resep darurat yang telah diresepkan oleh dokter, bunda bisa memberikannya terlebih dahulu seperti paracetamol ataupun ibuprofen (perlu dengan resep dan pengarahan dokter).

Mata kotor juga menjadi gangguan kesehatan yang sering mengganggu si kecil. Mata yang kotor yang biasanya terjadi pada mata bayi baru lahir. Hal ini dianggap wajar karena saluran air mata si kecil masih belum bisa berfungsi sempurna. Bunda bisa langsung membersihkannya denga perlahan menggunakan kapas yang telah di celupkan dengan air hangat.

Namun, bunda perlu untuk memperhatikan lebih dan memeriksakan si kecil jika kotornya mata si kecil bersamaan dengan warna merah. Hal ini bisa mengindikasikan adanya infeksi pada mata si kecil atau gangguan lainnya. Bunda bisa langsung membawa si kecil ke dokter agar bisa mendapatkan perawatan yang tepat.
 

Produk terkait yang tersedia di Niceforkids :

prewalker shoes  alat bantu jalan sabuk bonceng anak  topi keramas anak 
 Prewalker Shoes  Baby Walker  Sabuk Bonceng Anak  Topi Keramas Bayi
 


Related Article