By Kukuh Wira K  Article Published 27 April 2015
 
menggendong bayi
 
Sudah menjadi hal yang wajar jika para orang tua ingin menidurkan bayi mereka dengan menempatkan mereka pada posisi yang sangat nyaman, salah satunya adalah dengan menggendong bayi sampai mereka terlelap. Namun, ternyata kebiasaan ini akan memberikan banyak efek yang akan mengganggu orang tua dan bayi itu sendiri kelak.

Beberapa penelitian mengungkapkan bayi yang sudah dibiasakan untuk tidur dalam gendongan akan terus memintanya dan akan terbangun jika merasakan orang tua mereka meletakkannya. Hal tersebut karena bayi sudah nyaman dan terbiasa dengan keadaan digendong tersebut. Alhasil, tanpa gendong bayi akan menjadi susah tidur dan rewel.

Menggendong bayi sebelum tidur juga akan membuatnya lebih sering terbangun di tengah malam. Selain menggaggu waktu serta kualitas tidurnya, hal ini juga akan berpengaruh terhadap tingkat emosi orang tua. Meskipun kebanyakan orang dapat meredamnya dan menganggap biasa, akan lebih baik jika bayi dan kedua orang tua bisa tidur secara nyenyak di malam hari tanpa ada acara menenangkan si kecil dnegan menggendong berkeliling rumah.

Meskipun menggendong mereka merupakan kesenangan sendiri dan lebih mendekatkan ikatan tali diantara bayi dan orang tua, kebiasaan ini akan memicu sifat manja pada mereka. Maka dari itu, untuk menidurkan atau menenangkan mereka, bunda bisa mencari cara lain yang dirasa dapat menenangkannya dan membiasakannya sejak dini. Hal ini dikarenakan anak dapat nyaman karena terbiasa. Mereka akan mencatat setiap kebiasaan yang anda berikan.

Jadi para orang tua, jangan takut anak tidak bisa tidur atau berhenti menangis jika tidak jika tidak digendong. Mereka akan menerima kebiasaan jika dari awal bunda dan ayahnya sudah melatihnya. Coba nina bobokkan mereka dengan tidur di tempat tidur setiap malam. Mungkin awalnya tidak nyaman, tapi lama kelamaan mereka akan terbiasa. Membacakan buku dongeng di tempat tidur ataupun menciptakan suasana nyaman di tempat tidur juga akan menjadi salah satu cara lain selain menggendong.

Selamat mencoba bunda
 


Related Article