By Kukuh Wira K  Article Published 22 July 2014
 
Bagi NIFOMATE yang  aktif, perawatan tubuh sangat penting dilakukan, apalagi kalau sering beraktivitas di luar ruangan. Weekend ini, cobain yuk merawat diri mulai dari ujung rambut sampai kaki dengan membuat masker sendiri di rumah.


Masker Rambut

·      Rambut kering: kocok 1 butir telur dengan 1 sdm minyak kelapa, olive oil dan madu, serta air sebanyak 200 ml. Tambahkan ½ pisang yang sudah dihaluskan, lalu aduk sampai halus. Oleskan pada rambut selama 15 menit, lalu bilas.

·        Rambut menjadi lebih halus: campurkan ½ buah alpukat dengan 1 butir telur, 1 sdm minyak zaitun, minyak kelapa, dan madu bersama dengan 100 ml air. Oleskan masker pada rambut dan pijat dengan lembut. Bilas setelah 20 menit.

 

Masker Wajah

·     Problem jerawat: kombinasi 1 sdm madu dengan 2 sdm getah lidah buaya pada wajah. Oleskan dan biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

·      Wajah berminyak dan kusam: campurkan 2 sdm labu segar yang telah diparut halus dengan 1 putih telur, 1 sdt perasan air lemon dan 1 sdt air tomat. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan. Hindari masker mengenai mata, dan biarkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

 

Masker Bibir

·       Mengembalikan rona cerah dan merah muda pada bibir: tumbuk beberapa kelopak mawar merah, lalu usapkan pada bibir. Diamkan 5 menit lalu bilas dengan air bersih.

·        Bibir kering dan mengelupas: campurkan gula dan air lemon. Gosok perlahan pada bibir selama satu menit, lalu bilas dengan air hangat.

 

Masker Tangan

·        Masker pisang: haluskan pisang dan setengah dari kulitnya, lalu tambahkan 1 sdm madu. Oleskan campuran ini di tangan, biarkan hingga kering. Cuci bersih dengan air hangat.

·         Masker gandum: campur 6 sdm tepung gandum, 2 sdm susu dan 2 sdt madu. Oleskan pada tangan dan biarkan selama 30 menit, lalu cuci dengan air hangat. Ramuan ini bagus untuk kulit tangan yang kering.

 

Masker Kaki

·         Untuk kaki lelah: parut/blender mentimun, tambahkan 2 sdm sari jeruk lemon dan 2 sdm minyak zaitun. Tuangkan ke dalam mangkuk tahan panas atau panci, lalu panaskan (tidak perlu sampai mendidih, cukup hangat saja). Balurkan masker ke seluruh kaki sambil pijat ringan, terutama pada bagian kaki yang terasa lelah. Biarkan masker menempel 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

·      Pengelupasan kulit mati: campurlah oatmeal dengan air mawar secukupnya, lalu oleskan pada kaki. Diamkan sampai kering dan bilas dengan air hangat.

 Sumber: Gadis.co.id



Related Article