By   Article Published 01 September 2015
 
Toilet training menjadi salah satu proses yang akan selalu dilalui oleh anak-anak. Namun, banyak orang tua yang sepertinya masih bingung dan kesulitan pada proses ini. Meskipun semakin berkembangnya jaman, banyak hal yang dapat memudahkan proses yang menjadi tahapan anak untuk lepas dari diapers ini.
 
Banyak sekali produk dan tips yang muncul untuk mempermudah melakukan latihan ini. Namun, lepas dari semua produk yang membantu tersebut, para orang tua perlu memahami satu hal yaitu tentang kesiapan anak melakukan hal ini. 
 
Toilet training memang sangat bagus dilakukan dan diajarkan sedini mungkin. Namun, memulainya saat anak telah siap secara fisik dan psikis akan memudahkan proses ini. Maka dari itu, disini akan mencoba membahas tanda-tanda apa saja yang dapat dilihat orang tua dan memastikan bahwa anak telah siap untuk melakukannya.
 

Ciri Umum Anak Siap Toilet Training

Pada umumnya, latihan untuk lepas dari diapers ini bisa dilakukan saat anak telah menginjak usia 18 bulan. Bukan tanpa alasan, karena menurut penelitian beberapa ciri fisik yang menjadi tanda kesiapan lebih banyak muncul setelah si kecil menginjak usia tersebut. 

Ciri Fisik

Ciri fisik pertama yang dapat dilihat adalah anak sudah bisa memberikan ekspresi saat tengah menaha BAB dan BAK. Munculnya ekspresi ini menunjukkan bahwa anak sudah mulai menyadari keinginannya dan rasanya untuk melakukan BAB dan BAK. Sehingga orang tua sudah bisa mengomunikasikan hal ini dengan anak.
 
Hal selanjutnya yang dapat menjadi penanda adalah diapers yang masih tetap kering setelah bangun tidur ataupun setelah pemakaian selama 2 jam. Hal ini juga termasuk si kecil tidak BAB di diapers saat malam hari.
 
Penanda lainnya adalah tentang jadwal BAB anak yang sudah mulai teratur. Bunda bisa menandai hal ini dengan melihat jam berapa saja anak biasanya BAB dengan makanan yang normal. Jika hal ini sudah berjalan teratur tandanya anak sudah dapat melakukan hal ini.
 
Hal lain yang tak kalah pentingnya adalah tentang kemampuan anak untuk melepas dan mengenakan pakaian tanpa bantuan orang lain. Kemampuan berkomunikasi juga menjadi hal wajib yang dibutuhkan oleh anak dalam melakukan pembelajaran ini, seperti dia sudah bisa mengatakan keinginannya meskipun belum jelas dalam berkata. 

Ciri Psikis

Jika semua ciri fisik sudah mulai terlihat, orang tua juga perlu untuk memperhatikan kondisi emosional si anak. Karena untuk kesiapan emosional lah yang paling membutuhkan waktu banyak. 
 
Pada anak yang siap, biasanya mereka akan lebih dulu berinisiatif untuk mengganti popok mereka yang kotor atau tidak nyaman dipakai. Mereka akan merasakan ketidaknyamanan dan ingin popok mereka segera diganti. Maka dari itu, penggunakan training pants yang dapat menahan pipis namun tetap memberikan efek basah (tidak stay dry seperti diapers) dapat banyak membantu. Tanda lainnya yaitu mereka juga sudah bisa menggunakan potty training.
 
Tanda kesiapan emosional lainnya adalah si kecil lebih memilih menggunakan celana daripada menggunakan diapers mereka serta mengungkapkan keinginannya untuk melakukan BAK atau BAB. Dan yang terpenting lagi adalah mereka mau dan bersemangat melakukan toilet training. 
 
 
 
Produk terkait yang ada di Niceforkids :
 
alas mandi topi keramas training pants momnbab potty seat
Alas Mandi Topi Keramas Training Pants Potty Seat
 
 


Related Article