By   Article Published 04 May 2015
 
 
Menyapih anak memang menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh para bunda. Setiap bunda juga pasti akan mengalami bagaimana susahnya melakukan hal tersebut. Maka dari itu, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan agar para bunda lebih mudah melakukannya dan proses menyapih si kecil lebih cepat berhasil.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memperhatikan kondisi fisik dan psikis anak. Hindari proses menyapih saat mereka sedang sakit, lelah, sedih, marah, atau keadaan lain yang tidak mendukung kenyamanan si kecil. Hal ini dilakukan untuk menghindari perasaan akan penolakan yang biasanya menjadi alasan utama anak selalu rewel ketika disapih.

Hal selanjutnya adalah kesabaran bunda. Proses menyapih tidak bisa dilakukan sekaligus, namun membutuhkan proses yang juga memerlukan kesabaran. Bunda bisa melakukannya secara bertahap dan perlahan. Seperti contohnya dilakukan dengan mengurangi frekuensi pemberian ASI secara bertahap sampai anak terbiasa dan
feeding set
Feeding Set
botol susu pigeon
Botol Susu Pigeon
mag mag pigeon
Mag Mag Pigeon
akhirnya berhenti. Kebanyakan para bunda mendapatkan perlawanan karena langsung menghentikan proses pemberian ASI pada anak dan membuat anak menangis tanpa berhenti karena tidak mendapatkan ASI nya.

Berkomunikasi dengan si kecil tentang proses ini juga bisa bunda lakukan. Cari cara kreatif yang bisa mengalihkan perhatian anak dari meminum ASI. Dengan perlahan bujuk mereka meminum minuman sehat lainnya pada saat jam pemberian ASI. Bunda juga bisa membujuk mereka dengan hal yang memancing logika mereka seperti memamerkan kehebatan para tokoh favorit mereka karena tidak menyusu lagi.

Memperbanyak kegiatan si kecil juga bisa mengalihkan perhatiannya kepada ASI. Perbanyak kegiatan anak untuk melakukan hal yang menyenangkan seperti bermain, menggambar, membacakannya cerita, berjalan-jalan berdua, dan lain sebagainya. Hal ini untuk memberikan perasaan tetap dekat meskipun dia sudah tidak menyusu lagi.

Kegiatan yang menyenangkan seperti bercerita berdua tentang kegiatan hariannya atau membaca dongeng bersama sebelum tidur juga dapat membiasakan si kecil untuk lupa atas kebiasaan menyusu sebelum tidur. Buat mereka berada dalam kondisi nyaman sehingga lebih mudah tertidur.

Sedangkan ketika si kecil terbangun tengah malam, bunda bisa meminta bantuan ayah untuk menengok si kecil. Jika dia meminta susu, berilah air putih atau susu formula dalam training cup. Dan mintalah pada ayah untuk menidurkannya lagi tanpa campur tangan bunda untuk menghindari anak menangis lebih lama karena menginginkan ASI.

 


Related Article