By Kukuh Wira K  Article Published 12 June 2014
 
asi merembes
Bagi para ibu menyusui, asi (air susu ibu) yang merembes keluar memang menjadi hal yang selalu dikhawatirkan. Hanya memakai bra ternyata tidak bisa menahan rembesan air sehingga terkadang tercetak di baju. Namun tenang bunda, asi merembes ternyata bisa ditanggulangi kok.

Bagaimana caranya menghadapi ASI merembes?

ASI merembes merupakan suatu hal dimana air susu menetes atau merembes tanpa diperah. Hal ini dikarenakan produksinya yang berlebih dan banyak sehingga keluar dengan sendirinya dan membasahi bra bahkan baju. Sehingga tak sedikit bunda yang menjadi tidak percaya diri terutama saat bepergian. Berikut adalah beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk mengatasi hal tersebut :
 
1.Buatlah persedian air susu perah
Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memompa ASI dengan jadwal tetap dan lebih sering. Merembesnya ASI dikarenakan penyimpanan ASI di payudara sudah penuh sehingga keluar dengan sendirinya. Bunda bisa mengantisipasinya degan lebih sering memompa ASI. Bawa perlengkapan memompa seperti pompa asi serta botol penyimpan ASI beserta dengan tempat penyimpanan asi portable nya..
 
2.Menyilangkan kedua tangan di atas dada
Hal lainnya bisa dilakukan disaat asi sudah terasa merembes adalah dengan menyilangkan kedua tangan diatas dada seperti memeluk diri sendiri. Hal ini bisa mengurangi aliran ASI sehingga bunda memiliki waktu untuk mempersiapkan pemompaan pada asi sebelum rembesan muncul lagi.
 
3.Menggunakan bantalam peresap
Bunda bisa menggunakan bantalan peresap yang disisipkan ke dalam bra. Bantalan peresap atau yang biasa disebut breast pad ini akan menahan ASI yang keluar. Bunda bisa mencari bahan bantalan yang menyerap dan ekstra lembut serta tahan bocor. Usahakan bantalan ASI dapat menampung dan anti bocor. Biasanya pilihan paling baik adalah bagian dalamnya lembut seperti kapas dan bagian luarnya waterproof.
 
4.Memilih pakaian yang tepat
Bunda juga bisa menyiasatinya dengan memilih pakaian yang tepat. Gunakan pakaian yang terdiri dari innser dan outer berwarna gelap. Hal ini akan menghalangi rembesan asi terlihat karena tertutup outer. Memilih pakaian yang agak longgar juga bisa menjadi pilihan sehingga baju tidak langsung menempel di payudara.
 
 

Produk terkait yang terdapat di Niceforkids :

peresap asi pompa asi asi booster tea penutup menyusui
Bantalan ASI (Breastpad) Pompa ASI Manual Teh Pelancar ASI Penutup Mennyusui
 
 


Related Article