By   Article Published 18 October 2014
 
clodi besar popok kain babyland clodi new birn clodi nifo
Clodi Mikiwili Clodi Babyland Clodi Pempem Clodi Nifo
 
Sering mendengar bayi menangis di tengah malam? Mungkin untuk menenangkannya bunda tidak hanya perlu memberinya susu, namun juga mengecek apakah popok bayi dalam kondisi yang dirasa nyaman atau tidak.

Ruam popok merupakan masalah yang sering dialami oleh bayi baru lahir. Biasanya berwarna kemerahan disertai lecet-lecet ringan dan gatal. Ruam popok terjadi karena ada gesekan antara popok dengan kulit bayi. Hal ini karena kulit bayi masih sangat peka dan sensitif.

Kapan seharusnya popok bayi diganti?

Para ahli mengatakan bahwa popok seharusnya diganti setelah terkena kotoran yang mengandung asam dan bakteri. Hal ini dikarenakan kulit bayi sangat tipis, tebalnya hanya 1/5 dari kulit manusia dewasa. Sehingga lebih mudah menyerap zat mikro yang kontak dengan kulit dan mudah kehilangan kelembaban karena mudah menguap. Selain itu barier kulit juga belum sempurna sehingga menjadi lebih sensitive.

Berapa jam sekali popok bayi seharusnya diganti?

Secara amannya popok diganti minimal empat kali dalam sehari semalam. Apabila penggunaan popok tidak benar, maka bisa menyebabkan iritasi, ruam, kulit kemerahan, nyeri, gatal, dan gangguan tidur. Para ahli juga menambhakan bahwa popok itu sekali pakai, bukan sehari pakai. Sehingga perlu untuk menggantinya saat diperlukan. Jika ingin lebih hemat, para bunda bisa memilih menggunakan popok cuci ulang yang dipercaya lebih aman dan ramah lingkungan.
 
 

 


Related Article