By Kukuh Wira K  Article Published 23 April 2015
 
dot bayi
 
Anjuran meminum air untuk mempersehat keadaan tubuh memang menjadi sebuah hal yang perlu dilakukan, namun ternyata tidak berlaku untuk bayi 0-6 bulan. Banyak hal yang dapat disebabkan karena pemberian air putih untuk bayi.

Apa saja akibatnya untuk bayi 0-6 bulan?

1.    Infeksi Bakteri
Bayi 0-6 bulan yang minum air putih bisa terjangkit infeksi. Hal ini bisa dikarenakan air yang diberikan tidak steril. Meskipun badan orang dewasa tidak mengalami masalah, namun untuk bayi yang organ dalamnya masih belum sempurna, air berbakteri tersebut dapat mengakibatkan infeksi.

Infeksi yang menjangkiti bisa mengakibatkan diare, infeksi pencernaan, sampai gangguan pada organ dalamnya. Maka dari itu, bayi usia 0-6 bulan cukup diberi ASI tanpa makanan ataupun minuman lainnya.

2.    Gangguan Otak pada Bayi
Bayi usia 0-6 bulan memiliki ginjal yang belum berfungsi secara baik, sehingga pemberian air hanya akan menyebabkan air seni bayi membawa serta elektrolit dalam darah seperti natrium. Natrium berguna dalam tubuh sehingga jika terlalu banyak keluar dan kekurangan hal tersebut akan memberikan gangguan seperti kejang pada bayi atau suhu badan sangat rendah.

3.    Merusak Ginjal
Selain mengakibatkan berkurangnya kandungan natrium dalam tubuh karena terlalu banyak keluar, air yang diberikan kepada bayi juga dapat merusak ginjal. Hal ini karena fungsi ginjal belum bisa berjalan sempurna.

4.    Keracunan
Ginjal yang belum berfungsi sempurna belum dapat memproses apa yang dicerna bayi. Sehingga dalam kondisi yang berlebihan, bayi dapat menderita keracunan.

Bayi sudah akan merasa cukup untuk menghilangkan rasa haus dan laparnya hanya dengan ASI. Maka dari itu pemberian air putih dapat membuat tubuh bayi melepaskan terlalu banyak sodium yang merupakan mineral yang dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuh.

Kekurangan sodium dapat mempengaruhi aktivitas otak sehingga dapat pada akhirnya bayi mengalami gejala keracunan. Tanda-tandanya adalah suhu tubuh rendah, wajah membengkak, dan kejang-kejang.

So, bunda jangan berikan air putih ya karena ASI saja sudah lebih dari cukup :)
 
 
 

Produk terkait yang tersedia di Niceforkids :

botol asi ciki botol pigeon 120 kantong asip momo cooler bag
Botol ASI Ciki Botol Susu Pigeon Kantong ASI Momo  Cooler Bag


 


Related Article