By   Article Published 10 September 2015
 
Menjadi seorang wanita karir yang bekerja di perusahaan besar memang menjadi impian kebanyakan wanita. Namun, jika pekerjaan anda sebagai wanita karir membuat anda tidak bergerak aktif alias duduk seharian di belakang meja, hal ini perlu diwaspadai. Karena menurut penelitian yang masih terus dilakukan, wanita yang tidak aktif dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk lebih banyak memiliki potensi terkena kanker.
 
Penelitian terbaru dari Swedia ini mengungkapkan bahwa perempuan yang tidak aktif atau terlalu banyak duduk berpotensi 2,4 kali lebih banyak terkena kanker dinding rahim atau biasa disebut endometrium. 
 
Penelitian yang dilakukan pada 29 rbu wanita berusia 25-29 tahun ini juga menunjukkan bahwa para wanita yang terlalu banyak duduk juga berpotensi 2,4 kali lebih besar terkena kanker payudara sebelum masa menopause dari pada mereka yang lebih banyak bergerak atau bekerja dengan keseharian dan rutinitas yang aktif.
 
Namun, para penelitian swedia ini masih belum menemukan hubungan antara perilaku tidak aktif dengan meningkatnya potensi kanker payudara setelah masa menopose wanita.
 
Penelitian tentang hubungan ketidak aktifan seorang wanita dalam kesehariannya memang masih terus diteliti oleh para peneliti. Di tahun 2014, sebuah muncul sebuah jurnal penelitian yang berisi setiap 2 jam aktivitas duduk tanpa melakukan apapun dapat meningkatkan resiko kanker endometrium pada perempuan sebanyak 10%. Sedangkan pada tahun 2011, para peneliti dari Amerika Serikat menduga perilaku tidak aktif dari perempuan memicu meningkatnya kasus kanker di Negara tersebut. 
 
Para penelitian seperti Anna Johnson hanya menghimbau bagi para wanita yang memliki pekerjaan yang kurang aktif atau terlalu banyak duduk dapat melakukan aktivitas ringan. Hal ini merujuk pada beberapa studi yang mengungkapkan bahwa bergerak untuk beberapa saat dapat mengurangi molekul pada darah yang memicu kanker. 
 


Related Article