By   Article Published 11 October 2015
 
 
Semua yang berlebihan memang sepertinya tidak baik. Bahkan hal yang memiliki banyak manfaat pun jika terlalu banyak dilakukan atau digunakan juga akan berakibat tidak baik. Salah satunya adalah terlalu banyak mengkonsumsi putih telur. Meskipun memiliki banyak kandungan protein di dalamnya, namun ternyata mengonsumsi putih telur dapat berbalik menjadi bahaya bagi tubuh.

Mengonsumsi putih telur terlalu banyak ternyata dapat menimbulkan alergi pada badan meskipun kita tidak pernah menderita alergi pada protein yang ada pada putih telur.

Alergi ini dipicu oleh albumin yang banyak terkandung dalam putih telur. Pada umumnya alergi yang ditimbulkan bisa seperti gatal-gatal sampai menimbulkan kemerahan, diare, mual dan muntah. Untuk kondisi yang lebih parah penderita bisa saja pingsan dan mengalami gangguan pada saluran pernafasannya seperti pembengkakak di saluran pernafasan dan tenggorokan.

Kebanyakan mengkonsumsi putih telur juga dapat menimbulkan kekurangan vitamin B7. Hal ini terjadi bila penderita mengkonsumsi terlalu banyak putih telur mentah.

Hal ini dipicu karena dalam putih telur yang masih mentah terdapat bakteri Salmonela. Jika hal ini terjadi, penderita bisa mengalami otot lemah, kejang, rambut rontok atau gejala lainnya yang bisa lebih buruk.

Masalah ginjal juga dapat muncul karena terlalu banyak mengkonsumsi putih telur. Hal ini dikarenakan banyaknya protein yang terkandung di dalam putih telur akanmembuat ginjal bekera ekstra dan hal ini akanmemercepat kerusakan ginjal daripada orang basa yang mengkonsumsi protein secara normal.

Beberapa gangguan diatas seharusnya bisa mengingatkan orang-orang yang memerlukan asupan lebih untuk potein guna mendapatkan efek tertentu akanlebih baik jika mengkonsultasikan hal ini dengan dokter. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah yang tepat yang perlu dikonsumsi per harinya tanpa menimbulkan efek samping

 


Related Article