By   Article Published 22 October 2014
 
 
Apa Itu Ovulasi dan Masa Subur
Ovulasi adalah peristiwa lepasnya sel telur di rahim. Sel telur yang dilepas ini akan berjalan ke sebuah saluran telur yang bernama tuba falopi.
Masa subur adalah masa hidup sel telur yang dilepaskan rahim sampai berada di tuba falopi dan siap dibuahi. Jika sel telur yang di tuba falopi ini bertemu sperma, kemungkinan besar terjadi pembuahan yang menyebabkan wanita hamil. Jika tidak ada sperma masuk, maka sel telur akan luruh dan terjadi menstruasi.
 
Kapan Ovulasi Terjadi
Dalam satu kali periode menstruasi, ovulasi hanya terjadi 1-2 hari. Biasanya ovulasi terjadi pada hari ke-16 sejak hari pertama menstruasi atau 14 hari sebelum haid berikutnya.
 
Kegunaan Mengetahui Masa Ovulasi
 
1. Mempertinggi peluang hamil
Bagi yang sedang menjalankan program hamil, sangat penting mengetahui saat terjadinya ovulasi. Jika seks dilakukan pada waktu yang tepat maka peluang hamil menjadi lebih tinggi.
 
2. Memperkecil peluang hamil (KB Alami)
Mengetahui waktu ovulasi juga berguna bagi pasangan yang sedang menunda kehamilan namun tidak ingin progam KB. Caranya dengan menghindari berhubungan intim pada hari-hari mendekati ovulasi.
 
Perlu diketahui bahwa dalam tubuh wanita, sperma bisa bertahan hingga tiga hari. Jika hubungan suami istri tidak dilakukan pada masa subur tapi ternyata saat masa subur datang sperma masih bertahan hidup di saluran telur, kehamilan tetap bisa terjadi.
 
bunda.co


Related Article